Ada Yang Asik - Kevin Carter berangkat ke Sudan, sebuah negara di afrika dengan niatan untuk mengabadikan foto pemberontakan yang sedang terjadi disana. Namun sesampainya disana, justru korban kelaparan-lah yang menarik minatnya. Di suatu tempat dia mendapati seorang bocah perempuan yang kelaparan tengah merangkak lemas, lemah dan susah payah menuju tempat pembagian makan, bocah malang itu berhenti ditengah jalan dan mengumpulkan tenaga. Ditengah kejadian itu, seekor burung bangkai datang dan menunggu bocah tersebut. Carter-pun lantas mengabadikan kejadian tersebut. Foto ini pertama kali dimuat dikoran New York Times, kemudian reaksi keras bermunculan mengkritik Carter karena ia tidak menolong gadis kecil nan malang itu. Carter beralasan dia sudah mengusir burung bangkai tersebut sesudah ia mengambil foto, namun tidak menolong si bocah karena konvensi fotografer yang tidak boleh ikut campur dalam konflik (?). Kontroversi terus menghujani Carter, meskipun hadiah Pulitzer dia terima berkat karyanya ini.

Tahun 1994, Carter ditemukan tewas bunuh diri dengan sengaja mengalirkan gas CO dari knalpot mobil kedalam ruangannya. Dia meninggalkan catatan yang isinya berupa penyesalan dan kesedihan karena ia tidak menolong si bocah, frustasi akibat terjerat hutang dan kesedihan karena sahabat karibnya tertembak. Foto ini selalu mengingatkan akan tragedi kemanusiaan di Afrika dan tragedi dalam dunia fotografi itu sendiri, keduanya memang tidak bisa dipisahkan.

Unknown Origin.

0 komentar:

Posting Komentar

!!! PERINGATAN !!!
Blog Cafe Asik, blog khusus dewasa, hanya untuk hiburan semata. Bagi yang merasa belum dewasa dan mungkin tidak berkenan berada disini, silahkan tinggalkan halaman ini.
Segala bentuk akibat yang ditimbulkan dari konten blog Cafe Asik bukan tanggungjawab pengelola blog Cafe Asik. Resiko ditanggung penumpang.
TERIMA KASIH